KNOWLEDGE

ADA KENAIKAN PERGERAKAN PESAWAT MESKI PANDEMI COVID-19 BELUM REDA

ARSNewsy-, Kementerian Perhubungan mengaku senang dengan adanya kenaikan jumlah penerbangan pesawat komersil dalam negeri kendati situasi pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda menurun. Karena memasuki tahun kedua sejak virus ini pertama kali ditemukan di China, persentase kenaikan penerbangan sudah hampir mendekati 60 persen dibanding masa sebelum penyakit ini datang.

“Dari apa yang dilaporkan oleh Dirut AirNav bahwa secara nasional pergerakan pesawat di Indonesia sudah di atas 60 persen. Sedangkan di Soekarno-Hatta kira-kira di atas 50 persen dibandingkan masa normal”, kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Sabtu (12/6/2021).

Pernyataan tersebut dikeluarkan Budi Karya setelah dirinya datang langsung ke Bandara Soekarno-Hatta menyaksikan langsung pergerakan pesawat. “Data dari situasi terkini memperlihatkan adanya kenaikan dari masa awal pandemi yang pergerakannya sangat rendah”, ujarnya lagi.

Untuk itu, selaku pemegang kebijakan transportasi, pihaknya akan membuat kebijakan yang bisa jadi pendorong peningkatan pergerakan pesawat di tengah masa pandemi ini. “Kami ingin memastikan pergerakan dari Jakarta menuju ke sejumlah provinsi harus terjadi secara regular, apakah setiap hari atau dua hari sekali, tetap harus dilakukan pelayanan. Bahkan sampai ke kota atau kabupaten, terutama yang ada di Indonesia bagian timur”, ujar Menhub.

Budi Karya mengungkapkan ada suatu cara yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mendukung penerbangan nasional, yaitu dengan membeli atau memesan kursi pesawat (block seat). Menurutnya, cara ini bisa membantu meningkatkan pergerakan pesawat.

“Cara ini sudah ditunjukkan secara kreatif oleh sejumlah pemerintah daerah yaitu Pemprov Sulsel dan Pemkab Toraja. Mereka bekerja sama dengan maskapai untuk memesan block seat guna keperluan perjalanan dinas sehingga bisa ada empat penerbangan dalam seminggu”, jelas Budi Karya. (wem; foto dok)

BACA JUGA :  50 TAHUN GRAMEDIA SEBARKAN INSPIRASI DAN MENGHIDUPI API LITERASI #GRAMEDIAUNTUKINDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *