KNOWLEDGE

PEMERINTAH GELAR TES COVID-19 ARUS BALIK DI JABODETABEK UNTUK CEGAH KENAIKAN KASUS PASCA LEBARAN

ARSNewsy-, Pemerintah mempertimbangan rencana untuk pelaksanaan test covid-19 bagi warga yang mudik lebaran saat mereka kembali ke Jabodetabek. Hal itu dilakukan untuk mencegah naiknya jumlah pengidap virus pasca liburan di daerah yang penetapan prokesnya cenderung melonggar akibat musim lebaran.

Wacana tersebut dilontarkan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam konferensi pers daring pada Kamis (13/5/2021). “Tes tersebut secara lebih khusus ditujukan untuk pengguna kendaraa pribadi serta sepeda motor pemudik yang hendak menuju Jakarta”, katanya.

Secara lebih rinci dipaparkan, pelaksanaan test akan berlangsung di sejumlah titik lokasi. Untuk mereka yang melakukan  perjalanan  dari wilayah Lampung rapid tes Antigen berlangsung di sekitar Pelabuhan Bakauheni, Lampung atau rest area sebelum pelabuhan

Sedangkan bagi pengguna kendaraan roda dua yang akan memasuki Jabodetabek dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat, lokasi rapid tes akan berada di sekitar  Karawang, yakni di Jembatan Timbang Balonggandu, kemudian Pos Tegalgubug Susukan dari arah Palimanan menuju arah Jatibarang, dan di sekitar Indramayu menuju Jatibarang.

Adapun masyarakat yang menggunakan kendaraan roda empat akan dilakukan rapid tes di sepanjang jalan tol dari wilayah Jawa Timur hingga Jawa Barat sebanyak 21 lokasi, yang terdiri dari 13 lokasi di rest area dan 5 lokasi di gerbang tol utama. Kemudian dari arah Merak menuju Jakarta disediakan 2 lokasi rapid tes.

Ditambahkan oleh Budi Setiyadi bahwa Kemenhub sedang melakukan finalisasi untuk melakukan penentuan lokasi dan pelaksanaan teknis. “Jadi masyarakat yang akan kembali ke JakartaIni sudah jadi kewajiban atau mandatory, dan juga sejalan dengan Surat Edaran Satgas Covid-19 dan Peraturan Menteri Perhubungan”, ujarnya.

Berdasarkan catatan Kemenhub, lebih dari 1,5 juta orang keluar Jabodetabek dari tanggal 6 Mei sampai 11 Mei 2021 menuju daerah-daerah utama di Pulau Jawa, dan sebagian ke Pulau Sumatera. (wem; foto dok)

BACA JUGA :  ANTISIPASI PERTAMBAHAN PENDERITA COVID-19 JAWA BARAT SIAPKAN LANGKAH DARURAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *