KNOWLEDGE

LPCI SELESAIKAN KESELURUHAN PIT PJUTS DESA MEKAR JAYA, TULANG BAWANG, LAMPUNG

Tulang Baang, Lampung, ARSNewsy,-

Lembaga Pengembangan CSR Indonesia (LPCI) telah menyelesaikan secara keseluruhan Program Indonesia Terang (PIT) Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di Desa Mekar Jaya Tulang Bawang, Lampung, bertempat Balai Desa Mekar Jaya (14/9), yang dihadiri Fatahillah Firmansyah, SH. MH dan Riansyah Azani (LPCI), Dede Koswara dan Ashari Djamil (Gappenas), Nazarudin (Pepci) dan Gustiah (Mipcindo) serta Kepala Desa Mekar Jaya Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, Yuswan Stevanus.

Seperti diketahui, Program Indonesia Terang (PIT) Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di Desa Mekar Jaya Tulang Bawang, Lampung, telah merampungkan segala persyaratan dan ketentuan (clear, red) secara keseluruhan yang ditetapkan Lembaga Pengembangan CSR Indonesia (LPCI) serta Gappenas terkait Proyek Program Elektrifikasi Mandiri dan Infrastruktur Sipil (Program Indonesia Terang Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya), sehingga LPCI melalui Asosiasi Gappenas memulai untuk pembayaran proyek satu desa tersebut, demikian dijelaskan Dede Koswara Ketua Umum Asosiasi Gappenas (14/9) di Tulang Bawang, Lampung.

Dede Koswara Ketua Umum GAPPENAS“Satu per satu penyelesaian secara keseluruhan Program Indonesia Terang Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya, dari desa ke desa direalisasikan.  Sebuah program yang diinisiasi LPCI bersama mitra asosiasinya, salah satunya Gappenas, dan rekanan dari mitra asosiasi, yang menjadi harapan masyarakat desa. Program Indonesia Terang ini real atau nyata. Inilah jawaban atas anggapan serta berbagai sikap antipati untuk menumbuhkan rasa percaya masyarakat akan besarnya harapan program tersebut bagi masyarakat”, ujar Ketua Umum Gappenas Dede Koswara saat didampingi Fatahillah Firmansyah, SH. MH dan Riansyah Azani (LPCI), Ashari Djamil (Gappenas), Nazarudin (Pepci) dan Gustiah (Mipcindo).

Sedangkan Fatahillah Firmansyah, SH. MH mewakili Tim menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan kedatangannya di Desa Mekar Jaya dan berharap apresiasi yang LPCI lakukan untuk Desa Mekar Jaya Tulang Bawang, Lampung, bermanfaat bagi masyarakat desanya.

BACA JUGA :  BMW DAN MINI PERBAHARUAN LAYANAN INOVATIF DAN BERBASIS KEMITRAAN

Sementara, Kepala Desa Mekar Jaya Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, Yuswan Stevanus mengemukakan bahwa Program Indonesia Terang Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya, bagian dari Nawacita bapak Presiden Joko Widodo, dimana dari mitra Asosiasi LPCI merealisasikannya.

LPCI Program Indonesia Terang

“Hari ini buktinya nyata, telah dilakukan penyelesaian secara keseluruhan sehingga masyarakat bisa merasakan dengan adanya proyek ini. Semoga program ini berjalan terus dan menyentuh pelosok-pelosok desa lainnya di Indonesia. Sekali lagi kami mengucapkan rasa syukur dan terima kasih, dan sangat bermanfaat besar bagi warga desa kami”, ujar Kepala Desa Mekar Jaya, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung Yuswan Stevanus.

Sebagai catatan, Asosiasi Gappenas merupakan asosiasi mitra LPCI yang pertama kali bergerak dalam program mulia buat masyarakat ini. Dan untuk pertama kalinya pula melakukan peletakan batu pertama terkait Proyek Program Elektrifikasi Mandiri dan Infrastruktur Sipil (Program Indonesia Terang Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya). Sehingga penyelesaian kewajiban secara keseluruhan atas program tersebut juga bisa diikuti mitra asosiasi lainnya kepada rekanan mitranya, harap Ketua Umum Gappenas, lebih jauh.

Seperti diketahui, sehubungan dengan penyelesaiaan secara keseluruhan di Desa Mekar Jaya ini, sebelum PHO (Professional Hand Over) pernah ada team Monitoring yang dipimpin langsung Ketua Umum LPCI Teten Indra. Karena waktu itu belum terbentuk team PHO, jadi masih beranggapan bahwa PHO ini oleh KPA dan BPK dari asosiasi masing-masing. Oleh karenanya, dua hari setelahnya segera menyusul ke Lampung untuk PHO termasuk Tanggamus dan Lampung Timur. Namun karena ada sedikit kekurangan dari Tanggamus dan Lampung Timur maka kedua lokasi itu belum bisa dilakukan penyelesaian secara keseluruhan.

LPCI Program Indonesia Terang

Dengan demikian, tambah Ketua Umum Gappenas Dede Koswara, terkait penyelesaian secara keseluruhan ini dilakukan setelah PHO. Dimana team PHO turun ke lapangan kemudian dilakukan Berita Acara. Apabila semuanya tidak ada masalah dilanjutkan dibuatkan Berita Acara Pembayaran (BAP) dan itu ditanda tangani di Jakarta, yang kemudian langsung diserahkan pembayarannya melalui cek atau giro, tutup Dede Koswara. (***

BACA JUGA :  SATGAS COVID-19 AWASI KETAT RANGKAIAN INDONESIA BADMINTON FESTIVAL 2021

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *